Jumat 13 May 2016 10:48 WIB

Targetkan Anak-Anak, ISIS Luncurkan Aplikasi Ponsel Bergambar Tank dan Roket

Permainan ini adalah upaya pertama ISIS untuk mendoktrinasi balita lewat sebuah aplikasi.
Foto: Long War Journal/abc
Permainan ini adalah upaya pertama ISIS untuk mendoktrinasi balita lewat sebuah aplikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Kelompok radikal ISIS terkenal karena kemampuan teknologinya, dan kini mereka meluncurkan aplikasi ponsel yang ditujukan untuk anak-anak. Gambar tank, senjata, dan roket semua tampaknya dirancang untuk membantu memikat generasi baru yang akan direkrut.

Ketika aplikasi Huroof, bahasa Arab untuk alfabet, diluncurkan, pada awalnya penampilannya terlihat tak berbahaya, warna-warni dan cerah seperti aplikasi untuk anak-anak lainnya. Tapi permainan alfabet ini menggunakan gambar meriam, senapan, roket dan peluru di samping huruf.

Ini adalah upaya pertama dari kelompok teroris ini untuk mendoktrinasi balita melalui sebuah aplikasi ponsel. Huroof pertama kali muncul pada 10 Mei dan meskipun beberapa situs unduhan telah diblokir, ada beberapa catatan mengenai platform terkenal ini.

Mengidentifikasi dan memblokir jenis akun ini membutuhkan waktu, dan untuk setiap akun yang diblokir, akun lainnya bisa dengan mudah dipasang ulang.

Aplikasi Telegram, salah satu platform pesan instan terbesar yang mengklaim 100 juta pengguna, mengunggah sebuah tweet yang mengatakan "Pekan ini, kami memblokir 78 saluran terkait ISIS dalam 12 bahasa."

Anthony Cuthbertson, seorang reporter teknologi untuk majalah Newsweek menghabiskan waktu mengulik aplikasi yang dirancang kelompok ISIS dan para pendukungnya ini.

"Ini hanyalah alat lain yang mereka gunakan untuk berperang, dan aplikasi seperti Telegram, Wickr dan Kik, mereka semua menawarkan metode berkomunikasi dengan aman di antara anggota tetapi juga berbagi propaganda dan video instruksional dan juga berfungsi sebagai alat untuk perekrutan," jelasnya.

 

Baca: Sejarah Hari Ini: Vatikan Akui Negara Palestina

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-05-12/targetkan-anakanak-isis-luncurkan-aplikasi-ponsel-bergambar-tank-dan-roket/1579736
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement