Sabtu 14 May 2016 10:29 WIB

Ini Sosok Komandan Tempur Perempuan Pertama AS

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Jenderal Lori Robinson
Foto: Reuters
Jenderal Lori Robinson

REPUBLIKA.CO.ID, COLORADO -- Jenderal Angkatan Udara Amerika Serikat Lori Robinson mengambil alih Komando Utara militer AS pada Jumat (13/5). Ini menjadikannya wanita pertama yang memimpin pertempuran AS.

Posisi ini merupakan salah satu yang paling senior di militer AS. Jenderal Robinson akan mengawasi kegiatan militer AS di Amerika Utara dan bertanggung jawab terhadap pertahanan Tanah Air.

Militer AS tahun lalu membuka kesempatan peran perempuan dalam pertempuran. Ini merupakan langkah mencolok dalam hambatan gender di angkatan bersenjata.

Departemen Pertahanan AS memiliki sembilan komandan pertempuran yang bertanggung jawab atas berbagai fungsi dan belahan dunia. "Dia sangat berperan dalam operasionalisasi keseimbangan kami di Pasifik dan memperkuat hubungan angkatan udara dengan beberapa sekutu terdekat kita," kata Menteri Pertahanan AS Ash Carter dalam sebuah upacara di Colorado.

Robinson juga akan memimpin North American Aerospace Defense Command (NORAD), yang nantinya bekerja sama dengan Kanada memantau kedirgantaraan dan keamanan maritin di kawasan tersebut.

Robinson yang masuk dalam 100 orang paling berpengaruh versi TIME memiliki karir cemerlang dalam militer. Dari wakil komandan Pusat Komando Angkatan Udara AS pada 2012 ia naik menjadi wakil Komando Tempur Udara setahun kemudian.

Baca juga, Hillary Clinton Puji Wali Kota Muslim London Pertama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement