Jumat 20 May 2016 14:46 WIB

Capai 51 Derajat, Suhu Tertinggi di India Pecahkan Rekor

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah
Seorang anak mandi di tengah suhu udara ekstrem yang mencapai 50 derajat Celsius di India sepekan terakhir.
Foto: economictimes.indiatimes.com
Seorang anak mandi di tengah suhu udara ekstrem yang mencapai 50 derajat Celsius di India sepekan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID,  PHALODI -- Sebuah kota di negara bagian Rajasthan India  memecahkan rekor suhu negara itu.  Suhu di kota tersebut mencapai 51 derajat Celcius.

Rekor baru di Phalodi, di kawasan gurun terjadi di tengah gelombang panas di India. Rekor sebelumnya untuk suhu terpanas berada di angka 50,6 derajat Celsius pada 1956.

Gelombang panas telah menghantam banyak wilayah di India utara. Suhu di sana telah melebihi 40 derajat Celsius selama berminggu-minggu.

Menjelang musim hujan India selalu ditandai dengan pekan penuh sinar matahari kuat dan meningkatkan panas. Tapi tingkat suhu yang mengancam hingga melebihi 50 derajat Celsius tidak biasa.

"Kemarin (Kamis) adalah suhu terpanas yang pernah tercatat di India, 51 derajat Celsius di Phalodi," kata BP Yadav dari kantor cuaca India seperti dilansir BBC News, Jumat (20/5).

Kantor cuaca mengeluarkan peringatan dari gelombang panas yang parah di sebagian besar negara bagian utara dan barat India.  Musim panas ini, gelombang panas telah merenggut puluhan nyawa di negara bagian India selatan dari Telangana dan Andhra Pradesh.

Baca juga, Gelombang Panas di India Telan Puluhan Nyawa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement