Ahad 22 May 2016 16:50 WIB

ISIS Ancam Serang Negara Barat Saat Ramadhan

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Gerakan ISIS di Suriah
Foto: Youtube
Gerakan ISIS di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengancam akan meluncurkan serangan terhadap negara-negara Barat, yaitu Amerika Serikat (AS) dan Eropa selama bulan Ramadhan. Hal ini disampaikan dalam sebuah pesan oleh orang yang mengaku sebagai juru bicara kelompok militan tersebut, bernama Abu Muhammad al-Adnani.

"Ramadhan adalah bulan penaklukan dan jihad. Bersiap-siaplah bulan ini akan menjadi bencana bagi mereka yang tidak beriman, khususnya bagi mereka yang membela Eropa dan AS," ujar juru bicara tersebut, dilansir Reuters, Ahad (22/5).

Pesan berbentuk suara ini dirilis melalui sebuah akun Twitter yang biasanya menuliskan berbagai pernyataan ISIS. Meski demikian, kebenaran akun ini terkait dengan kelompok teroris tersebut hingga kini belum dapat diverifikasi.

Selama ini, ISIS telah berupaya untuk mendirikan sebuah kekhalifahan di Timur Tengah dan berbagai wilayah negara lainnya di dunia. Serangkaian serangan mematikan diluncurkan oleh mereka, bahkan salah satunya diklaim dilakukan di Prancis, Belgia, dan AS.

Koalisi yang dipimpin AS telah meluncurkan serangan udara untuk melawan ISIS yang berada di Irak dan Suriah. Hal itu dilakukan pada 2014, tahun yang sama saat kelompok tersebut meluaskan wilayah kekuasaannya di dua negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement