Senin 23 May 2016 07:50 WIB

Sejarah Hari Ini: Polisi Tembak Mati Pasangan Kriminal Bonnie dan Clyde

Pasangan kriminal Amerika di era 1930-an, Bonnie Parker dan Clyde Barrow.
Foto: biography
Pasangan kriminal Amerika di era 1930-an, Bonnie Parker dan Clyde Barrow.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini di 1934, pasangan kriminal berdarah dingin Bonnie Parker dan Clyde Barrow ditembak mati oleh polisi negara bagian Texas dan Louisiana. Keduanya ditembak saat sedang mengendarai mobil curian dekat Sailes, Louisiana.

Bonnie Parker bertemu Clyde Barrow yang kharismatik saat usianya 19 tahun dan suaminya (dia menikah saat usianya 16) dipenjara karena pembunuhan. Tidak lama setelah bertemu, Barrow dipenjara karena perampokan.

Parker mengunjunginya setiap hari dan menyelundupkan senjata untuk membantunya kabur. Namun, dia ditangkap tidak lama kmudian di Ohio dan kembali dipenjara.

Saat Barrow menjalani pembebasan bersyarat, dia menjalin hubungan dengan Parker. Pasangan ini lantas memulai kehidupan kriminal mereka berdua.

Usai mencuri sebuah mobil dan melakukan sejumlah perampokan, Parker ditangkap polisi dan dipenjara dua bulan. Dibebaskan pertengahan 1932, dia kembali bersama Barrow. Selama dua tahun kemudian, mereka melakukan perampokan sejumlah bank dan toko di lima negara bagian: Texas, Oklahoma, Missouri, New Mexico dan Louisiana.

Bagi polisi keduanya adalah orang berdarah dingin yang tak ragu membunuh mereka yang menghalangi, terutama polisi atau sheriff. Bagi publik, Parker dan Barrow memiliki reputasi sebagai pasangan berbahaya sekaligus pahlawan layaknya Robin Hood. Belum lagi kisah romantis yang membumbuinya.

Keduanya terkenal, apalagi mengingat Bonnie adalah seorang perempuan. Keduanya juga kerap berfoto bersama dengan pose yang konyol. Polisi hampir menangkap keduanya pada musim semi 1933 setelah menggerebek persembunyian mereka di Joplin dan Platte City. Namun, pasangan ini berhasil kabur.

Setelah tiga bulan melacak mereka, pensiunan polisi Texas Kapten Frank Hamer menemukan Bonnie dan Clyde di Louisiana. Sbeelum fajar pada 23 Mei, Hamer dan sekelompok penegak hukum dari Louisiana dan Texas bersembunyi di semak-semak di sepanjang jalan di luar Sailes.

Saat Parker dan Barrow muncul, mereka menembaki kedua pasangan itu. Keduanya tewas seketika.

Barrow dan kawan-kawannya bertanggung jawab atas kematian 13 orang, termasuk sembilan polisi. Parker dan Burrow kerap dipandang sebagai pasangan romantis, terutama setelah kesuksesan film Bonnie and Clyde pada 1967.

Selanjutnya: AS Klaim Senapan M-16 untuk Perang Vietnam Cacat

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement