Rabu 25 May 2016 17:14 WIB

5.600 Migran Diselamatkan dalam 48 Jam

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
imigran Libya ke Italia
imigran Libya ke Italia

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Penjaga pantai Italia mengatakan sekitar 3.000 migran telah berhasil diselamatkan dari kapal di perairan Libya pada Selasa (24/5). Jumlah tersebut menambah total jumlah migran yang berhasil diselamatkan dalam 48 jam menjadi 5.600 jiwa.

Al-Arabiya melaporkan pada Rabu (25/5), penyelamatan terbaru melibatkan 23 operasi berbeda. Jumlah migran terbaru yang berhasil diselamatkan menambah total orang yang dibawa ke pelabuhan Italia selatan sejak awal tahun menjadi 37 ribu jiwa.

Operasi melibatkan kapal penjaga pantai dari operasi EUNAVFOR Med Uni Eropa, kapal dari SOS Mediterranee dan dua kapal tunda dari platform minyak lepas pantai. Penjaga mengatakan, semua aset pencarian dan penyelamatan di daerah itu dikerahkan.

Namun belum ada rincian kewarganegaran orang yang diselamatkan. Selama ini mayoritas dari migran yang tiba di Italia berasal dari sub-Sahara Afrika. Pejabat mengatakan, hingga kini belum ada pengungsi Timur Tengah yang menggunakan rute Libya ke Eropa secara massal.

Baca juga, Lebih dari Satu Juta Migran Tiba di Eropa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement