Jumat 27 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Inggris Tenggelamkan Kapal Perang Jerman

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Pada 27 Mei 1941, Angkatan Laut Inggris menenggelamkan kapal perang Jerman Bismarck di Atlantik Utara dekat Prancis.
Foto: outlookindia
Golden Gate

Jembatan Golden Gate Bridge San Fransisco, sebuah teknologi dan prestasi artistik menakjubkan dibuka untuk umum hari ini 1937. Butuh lima tahun untul menyelesaikan jembatan yang menghubungkan San Fransisco dan Marin County.

Konsep jembatan ini diusulkan pada 1872, tetapi tidak sama pada awal 1920-an. Opini publik di San Fransisco mendukung usaha ini. Pada 1921, insinyur jembatan kelahiran Cincinnati, Joseph Strauss mengajukan proposal awal, kombinasi suspensi-kantilever yang bisa dibangun dengan 27 juta dolar AS.

Selama beberapa tahun ke depan, desain Strauss berkembang pesat berkat kontribusi konsultan insinyur Leon S Moisseiff, arsitek Irving Morrow F dan lainnya. Konsep Moisseiff untuk jembatan gantung sederhana diterima Strauss dan Morrow, bersama dengan istrinya Gertrude mengembangkan desain art deco yang elegan.

Morrow kemudian membantu memilih warna jembatan, yaitu oranye internasional, warna merah terang cemerlang yang tahan karat dan memudar sesuai dengan keindahan alam San Fransisco.

Konstruksi dimulai pada 5 Januari 1933 pada puncak depresi besar. Strauss dan para pekerjanya mengatasi banyak kesulitan, air pasang yang kuat, sering badai dan kabut, juga masalah peledakan batu 65 kaki di bawah air untuk menanam pondasi tahan gempa. Sebanyak 11 orang meninggal selama konstruksi.

Pada 27 Mei 1937, Jembatan Golden Gate dibuka dan menerima pujian besar, simbol kemajuan di Bay Area selama masa krisis ekonomi. Dengan panjang 4.200 kaki, itu adalah jembatan terpanjang di dunia sampai selesainya Jembatan Verrazano-Narrows pada 1964. Hari ini, jembatan Golden Gate tetap menjadi salah satu struktur arsitektur paling dikenal di dunia.

Selanjutnya: Cahaya Itu Pergi, Jawaharlal Nehru Wafat

sumber : History, BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement