Selasa 31 May 2016 07:24 WIB

Ini Daftar Negara yang Paling tak Sehat dan tak Aman di Dunia

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Kamboja
Kamboja

REPUBLIKA.CO.ID, Legatum Institute, sebuah lembaga yang berbasis di London, Inggris merilis indeks kesejahteraan tahunan. Indeks ini meranking 142 negara terkait kemakmuran mereka. Ketika membicarakan kemakmuran, sebagian besar akan berbicara tentang uang, tapi Legatum Institute menggunakan indikator lebih dari itu.

Ada 89 variabel yang berbeda yang diperhitungkan, mulai dari tingkat pengangguran suatu negara dan kebebasan politik individu. Data tersebut kemudian dipecah menjadi delapan sub indeks yaitu ekonomi, kewirausahaan, dan kesempatan, tata kelola pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keselamatan dan keamanan, kebebasan pribadi, dan modal sosial. Masing-masing diberi skor dan kemakmuran negara dihitung.

Banyak dari negara-negara yang berada di papan bawah daftar indeks karena perang dan wabah penyakit. Mereka umumnya kurang kuat dalam aspek ekonomi, pemerintah, dan sistem pendidikan. Dikutip dari laman The Independent, Selasa (31/5), Legatum Institute menetapkan indeks daftar 31 negara yang paling tak sehat, tak bahagia, termiskin, dan paling tak aman.

Berikut rinciannya:

31. Kamboja

Kamboja pernah menjadi wilayah negara diktator brutal di bawah komando Khmer Merah beberapa puluh tahun lalu. Negara ini masih menjadi salah satu negara yang paling tidak makmur di dunia versi Legatum Institute. Negara ini sangat buruk dalam hal kebebasan pribadi dan kategori modal sosial.

30. Zambia

Zambia sebenarnya memiliki tingkat yang cukup baik dari aspek modal sosial, tata kelola pemerintahan, dan kebebasan pribadi. Tetapi peringkatnya merosot ketika dihadapkan pada persoalan kesehatan. Ini membuat Zambia berada dalam daftar ini.

29. Niger

Niger berada di peringkat 29 pada bidang kewirausahaan, dan kesempatan, serta pendidikan. Keadaan ini semakin diperburuk dengan kehadiran kelompok teroris, Boko Haram.

28. Uganda

Uganda terkenal karena catatan hak asasi manusianya yang buruk.

27. Kamerun

Kamerun berada di bagian bawah bidang indeks kemakmuran. Bidang terbaik Kamerun di salah satu dari delapan sub-indeks adalah peringkat 83 di bidang ekonomi.

26. Tanzania

Tanzania mungkin menjadi tempat bagi pemandangan indah dan satwa liar, tapi memperoleh skor terbawah di bidang kesehatan dan pendidikan. Ini menempatkannya sebagai salah satu negara di dunia paling tidak sejahtera.

25. Pantai Gading

Pantai Gading berada dalam peringkat terbawah dalam bidang modal sosial. Selain itu, sistem pendidikan yang buruk juga ikut membuat kesejahteraan negara ini terpuruk. Meskipun negara ini memiliki kebebasan individual yang cukup baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement