Selasa 31 May 2016 07:24 WIB

Ini Daftar Negara yang Paling tak Sehat dan tak Aman di Dunia

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Kamboja
Ledakan bom di Suriah

9. Sudan

Ranking Sudan telah turun dari 130 tahun lalu menjadi 134 saat ini. Meskipun skor negara ini dalam sub indeks modal sosial menduduki 50 negara teratas.

8. Yaman

Menurut Indeks Kesejahteraan, Yaman berada di tingkat terburuk kebebasan individu di dunia. Yaman menjadi salah satu dari sepuluh negara dengan ekonomi terburuk. Namun, negara telah meningkat peringkatnya dalam indeks kesejahteraan dari 138 tahun lalu menjadi 135 pada tahun 2015.

7. Suriah

Ketika Indeks Kesejahteraan pertama kali diluncurkan pada tahun 2009, Suriah menduduki peringkat 90 negara teratas. Tetapi perang saudara telah menghancurkan negara ini, bersama dengan munculnya kelompok militan negara Islam Negara Irak dan Suriah (ISIS) telah membuat ranking negara ini anjlok. Tidak mengherankan, Yaman disebut sebagai negara ketiga yang paling tidak aman versi survei oleh Legatum Institute.

6. Republik Demokratik Kongo

Warga di Republik Demokratik Kongo menduduki posisi peringkat sebagai negara yang paling tidak aman dalam seluruh hasil indeks kesejahteraan. Namun, tingginya tingkat modal sosial (65 dari 142 negara) mendongkrak posisi Kongo naik tiga tingkat tahun ini.

5. Burundi

Bersama dengan skor yang sangat kurang dalam bidang kesehatan, sub indeks sosial, menempatkan Burundi berada dalam peringkat 138 dari 142 negara dalam indeks kemakmuran versi lembaga ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement