Sabtu 04 Jun 2016 05:49 WIB

Sejarah Hari Ini: Aktris Angelina Jolie Lahir

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Angelina Jolie
Foto: skynews
Jalur Kereta. Ilustrasi

Pada 4 Juni 1876, sebuah kereta yang berangkat dari New York hanya memerlukan waktu selama 83 jam untuk melintasi beberapa negara bagian di Amerika Serikat (AS). Kereta yang dikenal dengan nama Trancontinental Express ini kemudian tiba di San Fransisco.

Pada masa itu, tak pernah terbayangkan manusia bisa pergi melintasi banyak wilayah di Negeri Paman Sam itu dalam waktu kurang dari empat hari. Hal ini merupakan wujud dari mimpi Thomas Jefferson yang ingin membuat perubahan besar dan berguna untuk banyak orang.

Pada 1802, Jefferson untuk pertama kalinya memperkenalkan uap membantu jalannya kereta roda. Meski tidak pernah melihat kereta api di masa hidupnya, namun ia merupakan orang yang memberi ide terciptanya sarana transportasi yang berguna hingga saat ini.

Dalam waktu setengah abad, AS memiliki banyak rel kereta api dibandingkan negara lainnya di dunia. Kecepatan dan kenyamanan moda transportasi ini begitu menakjubkan bagi banyak orang di negara itu.

Hasilnya, banyak orang yang terus ingin menggunakan kereta api. Seiring berjalannya waktu, berbagai inovasi dan pengembangan agar kereta api semakin nyaman dan cepat terua dilakukan, termasuk di banyak negara lainnya si dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement