Rabu 08 Jun 2016 13:33 WIB

Dunia Makin Kejam, Perang Timteng Biang Keladinya

Kekerasan melanda Irak. (ilustrasi)
Foto:

Eropa merupakan wilayah paling damai di dunia, meskipun nilai kedamaian wilayah itu menurun dikarenakan oleh adanya serangan di Paris dan Brussels. Tingkat kematian di Eropa dari serangan yang demikian meningkat lebih dari dua kali lipat selama lima tahun terakhir.

Pada tahun lalu, para pemimpin dunia sepakat mengurangi tingkat kekerasan apa pun dengan signifikan pada 2030 dan mencari penyelesaian abadi terhadap seluruh konflik dan ketidakamanan, sebagai bagian dari serangkaian Tujuan Pengembangan Berkelanjutan untuk melawan kesenjangan dan kemiskinan.

Membangun perdamaian abadi memerlukan lebih dari sekedar meningkatkan pengamanan, Killelea mengatakan. "Cukup sering sebagai sebuah komunitas internasional kami kehilangan arah itu dan mencoba untuk mencari pendekatan untuk keseluruhan," kata dia.

"Bagi saya, hal yang paling mendalam terkait indeks itu adalah kemampuan untuk mempergunakannya, untuk pemahaman dan kualitas yang lebih baik, yang dapat menciptakan masyarakat yang damai," kata Killelea.

Islandia merupakan negara paling damai yang tercantum dalam indeks itu, diikuti oleh Denmark, Austria, Selandia Baru dan Portugal. Sejumlah negara yang berada dalam urutan terbawah adalah Suriah, disusul oleh Sudan Selatan, Irak, Afghanistan dan Somalia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement