Ahad 19 Jun 2016 05:46 WIB

Osteria Francescana Dinobatkan Jadi Restoran Terbaik Dunia

Rep: Kabul Astuti/ Red: M Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, ITALIA -- Restoran Italia, Osteria Francescana naik ke puncak peringkat tahunan dalam daftar 50 restoran terbaik di dunia. Restoran ini dikenal dengan cita rasa khas pada hidangan tradisional Italia.

Restoran yang berlokasi di Modena, Italia, ini berada di posisi runner up dalam daftar tahun lalu. Ia naik ke posisi teratas menggeser restoran terbaik tahun 2015, El Celler de Can Roca, di Girona, Spanyol.

"Kreasi ambisius sang koki dengan sempurna menyeimbangkan tuntutan menghormati warisan seraya merangkul modernitas," kata penyelenggara kepada pemilik Osteria Francescana, Massimo Bottura, dilansir dari Reuters, Ahad (19/6).

Restoran bintang tiga yang lain, Eleven Madison Park di New York City menduduki peringkat ketiga. Eleven Madison naik dua peringkat dibanding tahun lalu. Central di Lima, Peru masih stabil berada di urutan keempat selama dua tahun terakhir.

Restoran Noma turun dua posisi dari tahun lalu menjadi urutan ke lima. Restoran di Copenhagen yang terkenal dengan masakan Nordic-nya ini meraih gelar restoran terbaik pada 2010, 2011, 2012, dan 2014.

Selanjutnya, berturut-turut peringkat sepuluh besar ditempati Mirazur di Menton, Perancis; Mugaritz di San Sebastian, Spanyol; Narisawa di Tokyo; Steirereck, Wina, dan Asador Etxebarri di Axpe, Spanyol.

Lebih dari setengah restoran dalam daftar 50 besar itu berada di Eropa. Enam berada di Amerika Serikat, enam di Amerika Selatan, dan lima di Asia, Pierre Herme dinobatkan sebagai chef pastry terbaik dunia, sedangkan Dominique Crenn diakui sebagai koki wanita terbaik di dunia.

Daftar ini disusun oleh William Reed Media berdasarkan pengalaman pribadi dari 972 koki, pemilik restoran, penulis, dan pakar kuliner. Penghargaan World's 50 Best Restaurant akan diberikan di Melbourne pada 2017.

Sejarah mencatat, 50 daftar terbaik yang dipublikasikan tahun 2002 telah begitu terkenal di kalangan koki di seluruh dunia, menyaingi sistem bintang Michelin. Michelin juga memberikan tiga bintang (rating tertinggi) untuk Osteria Francescana dan El Celler de Can Roca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement