Rabu 06 Jul 2016 20:48 WIB

Ribuan Migran Berhasil Diselamatkan di Lepas Pantai Italia

Migran
Foto: EPA
Migran

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Sekitar 4.500 migran diselamatkan dari perahu-perahu karet dan satu kapal kayu di lautan Mediterania pada Selasa (5/7) kata badan penjagaan pantai Italia.

Pada 2016 ini, sudah lebih dari 67.000 migran tiba di Italia melalui laut, kata Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) sebelum penjaga pantai melaporkan bahwa pihaknya telah melakukan penyelamatan terbaru.

Jumlah kedatangan itu menurun dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015 namun jumlah migran yang meninggal karena menjalani rute penuh bahaya seperti itu telah melonjak.

Sepuluh perempuan dilaporkan tewas di dasar sebuah perahu karet pekan lalu. Penjaga pantai melaporkan telah mengkoordinasikan lebih dari 30 operasi penyelamatan, yang dilakukan menggunakan kapal miliknya, Diciotti, juga sejumlah kapal angkatan laut Italia serta kapal-kapal yang menjalankan tugas untuk badan pengawas perbatasan Uni Eropa, Frontex, dan berbagai organisasi kemanusiaan.

Sebagian besar perahu, yang mengangkut para migran untuk menyeberangi Mediterania tahun ini, berangkat dari Libya dan Mesir, demikian menurut IOM.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement