Sabtu 16 Jul 2016 23:40 WIB

366 Migran Diselamatkan di Laut Tengah, 20 Meninggal

Pengungsi dan migran yang tiba di pantai Yunani
Foto: AP
Pengungsi dan migran yang tiba di pantai Yunani

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Para penyelamat dilaporkan telah menolong 366 migran dari perahu tak laik saat mereka berusaha menyeberang Laut Tengah (Mediterania) menuju Italia. Sebanyak 20 orang lain dilaporkan telah tenggelam. 

Menurut kepolisian Italia, Sabtu (16/7) para penyintas diselamatkan dalam empat operasi terpisah. Mereka diangkut berjejalan di dalam tiga perahu karet dan satu perahu kayu nelayan.

Seluruh penyintas ini dikirim ke pelabuhan Augusta di Sisilia untuk diperiksa pada Jumat malam oleh kepolisian Italia dari kesatuan penanganan pendatang gelap.

Petugas kesatuan Antonio Panzanaro kepada Reuters mengatakan, saat kejadian, satu Kapal Norwegia Siem Pilot memberi pertolongan pada satu sampan karet yang tenggelam di Terusan Sisilia. Namun kebanyakan para pendatang itu sudah berada di laut ketika kapal tersebut tiba.  Satu jasad ditemukan. Namun menurut para penyintas terdapat sekitar 20 orang yang tenggelam sebelum kapal penolong tiba.

Menurut Antonio terdapat 82 perempuan dan 25 anak diantara 366 penyintas tersebut. Mereka berasal dari Nigeria, Etiopia, Eritrea, dan Bangladesh. Tujuh orang ditahan dari empat kapal itu termasuk para nakhoda yang diduga menyelundupkan mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement