Senin 08 Aug 2016 23:00 WIB

Peringatan 17 Agustus di Canberra, Merah Putih Dikibarkan di Burley Griffin

Warga Indonesia berkumpul di Danau Griffin
Foto: abc
Warga Indonesia berkumpul di Danau Griffin

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- ‎Peringatan acara 17 Agustusan yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra pada tahun ini terasa lebih istimewa karena bendera kebanggaan bangsa dan rakyat Indonesia, Merah Putih berkibar di danau Burley Griffin di ‎Ibu Kota Australia.

Menurut rilis yang diterima ABC Australia Plus Indonesia, di bawah kibaran bendera Merah Putih, lebih dari 450 warga Indonesia dan sejumlah masyarakat Australia yang sedang mengikuti gerak jalan santai dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan RI di tengah hawa dingin yang mencapai tiga derajat Celsius. Mereka secara antusias dan khidmat menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Padamu Negeri, Syukur dan ‎Hari Merdeka.

Sebagian peserta yang hadir, tampak menahan rasa haru bercampur bangga menyanyikan lagu-lagu nasional yang kian mempertebal semangat kebangsaan ‎dan kebanggaan menjadi WNI di luar negeri.

Gerak jalan santai yang melewati rute KBRI Canberra, danau Burley Griffin dan Commonwealth Park ‎sepanjang 5 km yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema memang menjadi pembuka rangkaian lomba-lomba 17-an yang diadakan KBRI Canberra pada 6 Agustus 2016. 

Selain gerak jalan, KBRI Canberra juga menggelar lomba makan kerupuk, lari sambil membawa kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, lomba joget, gaple, tenis meja, karaoke, stand-up comedy‎ dan cerdas-cermat bertema kebangsaan.

Peserta lomba-lomba tersebut sangat beragam, mulai anak-anak sekolah, mahasiswa Australian National University (ANU) dan Universitas Canberra hingga kalangan profesional. Bahkan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) Canberra dan Australia-Indonesia Family Association (AIFA) mengerahkan banyak anggotanya untuk memeriahkan ‎acara ini. 

Menurut Dubes Nadjib yang didampingi istrinya, Nino Nadjib Riphat, rangkaian kegiatan lomba-lomba HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini bertujuan untuk menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme masyarakat Indonesia di Australia. Dubes RI bangga meski jauh dari tanah air, masyarakat Indonesia di Australia tetap memiliki spirit kebangsaan ‎yang tinggi. 

Hal ini sebagian tercermin dari pengetahuan luas mengenai Indonesia yang dimiliki anak-anak Indonesia, dari usia balita hingga sekolah dasar. Meski sudah bertahun-tahun bermukim di Canberra, mereka begitu cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait sejarah, geografi, flora dan fauna hingga kondisi terkini di tanah air yang diberikan Dubes RI.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/peringatan-17-agustus-di-canberra/7700114
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement