Kamis 18 Aug 2016 19:30 WIB

Di Bandara Ini Pesawat Terlambat Paling Lama 18 Menit

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Bandara Gatwick, Inggris
Foto: Dailymail
Bandara Gatwick, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jika di Indonesia keterlambatan pemberangkatan bisa mencapai berjam-jam, berbeda dengan di Inggris. Bandara dengan waktu keterlambatan terlama di Inggris hanya 18 menit saja.

Bandara di mana penumpang sering dihadapkan dengan keterlambatan jatuh kepada Bandara London Gatwick. Penundaan penerbangan di bandara tersebut melebihi rata-rata dari bandara di Inggris. Bandara itu berada di West Sussex, 28 mil sebelah selatan dari London.

Analisis dari Otoritas Penerbangan Sipil menunjukkan mulai dari Januari 2015 hingga Maret 2016, London Gatwick mengharuskan penumpang menunggu untuk penundaan penerbangan rata-rata 18 menit. Bandingkan dnegan Bandara Heathrow dengan rata-rata hanya 13 menit.

Dikutip dari Independent, Kamis (18/8), penerbangan di Inggris yang paling bermasalah dengan penundaan merupakan penerbangan Pakistan International Airlines dari Manchester ke Bandara John F Kennedy, New York, yang terlambat delapan dari 10 penerbangan yang tercatat pada 2015. Penerbangan tersebut tertunda hingga rata-rata 88 menit.

"Kami menyesal keterlambatan pada penumpang kami, Namun, beberapa insiden di luar kendali Gatwick ini dipengaruhi kinerja bandara selama periode ini, termasuk berbagai pemogokan kontrol lalu lintas udara di wilayah udara Eropa, berdampak jadwal penerbangan seluruh bandara, termasuk rute jarak jauh kami," kata juru bicara London Gatwick.

Keterlambatan tersebut juga dapat didasari dengan kesibukan bandara yang mencapai puncak kepadatan selama 80 tahun pada Juli yang mencapai 4,6 juta penumpang. Peningkatan tersebut mencapai 6,9 persen jumlah penumpang dari total tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement