Ahad 21 Aug 2016 07:59 WIB

Cina Buka Jembatan Kaca 'Tertinggi dan Terpanjang' di Dunia

Rep: Gita Amanda/ Red: Nur Aini
Para pengunjung mencoba jembatan kaca Cina
Foto: The Mirror
Para pengunjung mencoba jembatan kaca Cina

REPUBLIKA.CO.ID, HUNAN -- Cina baru saja membuka untuk umum sebuah jembatan kaca yang diklaim tertinggi dan terpanjang di dunia. Struktur lebar sepanjang 430 meter setinggi enam meter itu menghubungkan dua gunung di Zhangjiajie, Hunan.

Dilansir The Independent, Ahad (21/8), menurut Xinhua jembatan menghabiskan dana 22,5 juta yuan. Jembatan kaca ini dirancang oleh arsitek Israel Haim Dotan.

Para pengunjung dapat mengintip ke bawah sejauh 300 meter melalui kaca transparan yang menjadi lantai jembatan. Jembatan terdiri dari 99 panel membentuk tiga lapisan kaca, yang tak hancur oleh pukulan dengan palu godam. Namun, kapasitas struktur ini akan terbatas pada 800 pengunjung per hari.

Jembatan kaca banyak terdapat di seluruh China sebagai cara untuk menarik wisatawan. Arsitek Keith Brownlie mengatakan kepada BBC daya tarik jembatan kaca menggabungkan antara rasa takut emosional dan pemahaman logis dari keselamatan.

"Struktur ini menapak batas antara dua indra yang kontras dan orang suka menantang pikiran rasional mereka dalam kaitannya dengan ketakutan irasional mereka," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement