Kamis 01 Sep 2016 13:11 WIB

Satu WNI di Singapura Positif Terjangkit Zika

Ilustrasi Virus Zika
Foto: AP / Eraldo Peres
Ilustrasi Virus Zika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengonfirmasi bahwa satu warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus Zika di Singapura.

Arrmanatha mengatakan bahwa Kedutaan Besar RI di Singapura telah menerima pemberitahuan resmi dari Kementerian Kesehatan Singapura bahwa ada satu WNI yang positif terjangkit Zika.

"Namun untuk kepentingan privasi, yang disampaikan Kementerian Kesehatan Singapura hanya konfirmasi bahwa pasien tersebut WNI perempuan," kata dia dalam jumpa pers mingguan di Ruang Palapa Kemlu, Jakarta, Kamis (1/9).

Kementerian Singapura mengeluarkan peringatan bahaya level dua terkait merebaknya virus Zika di negara tersebut pada 29 Agustus 2016, dan hingga saat ini sudah 115 orang positif terjangkit Zika di sana.

Jubir Kemlu menambahkan bahwa KBRI di Singapura akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Singapura untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi WNI tersebut.

Menurut Arrmanatha, sejak ada pengumuman resmi dari Kementerian Kesehatan Singapura tentang merebaksnya virus Zika di negara tersebut, Kementerian Kesehatan RI terus melakukan pemantauan dari dekat dan pada 30 Agustus lalu, pemerintah telah mengeluarkan imbauan untuk meningkatkan perhatian di semua pintu masuk Indonesia.

"Kemkes meminta penumpang dari tempat-tempat yang terinfeksi Zika untuk diberikan kartu informasi yang harus dilakukan jika dalam waktu sepuluh hari mereka mengalami demam, dan gejala-gejala lainnya," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement