Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Vaksin untuk Kecanduan Kokain Mulai Diuji pada Binatang

Kamis 08 Sep 2016 20:02 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Vaksin (ilustrasi)

Vaksin (ilustrasi)

Foto: Republika/Mardiah

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Peneliti Brasil mengembangkan vaksin untuk kecanduan kokain dan mulai dicoba pada hewan. Vaksin ini dikembangkan selama lebih dari dua tahun

"Kami mengembangkan molekul untuk merangsang produksi antibodi oleh sistem kekebalan tubuh terhadap kokain," kata profesor Angelo de Fatima dari departemen Kimia Organik di Federal University of Minas Gerais (UFMG).

"Antibodi itu berikatan dengan kokain, mencegah mencapai otak dan mengurangi efek euforia obat, yang akan menyebabkan pengguna kehilangan minat dalam penggunaannya," tambah dia.

Penelitian serupa dilakukan di Amerika Serikat. Namun, menurutnya, dengan tujuan berbeda dapat menentukan perbedaan hasil pula.

"Molekul kami berbeda dari yang ada di Amerika. Kami tidak memiliki bagian protein," kata De Fatima, yang menolak memberikan informasi lebih lanjut karena molekul tim Brasil "belum dipatenkan".

Menurut sumber resmi PBB untuk Narkotika dan Kejahatan (UNODC), penggunaan kokain di Brasil empat kali lebih tinggi daripada rata-rata dunia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA