Jumat 23 Sep 2016 11:12 WIB

Jurnalis Dipecat karena Pakai Kacamata dan Payung Saat Wawancara

Seorang jurnalis televisi di Cina yang difoto mengenakan kacamata hitam dan payung untuk melindungi diri dari matahari saat mewawancarai sumber dipecat.
Foto: BBC/Weibo
Seorang jurnalis televisi di Cina yang difoto mengenakan kacamata hitam dan payung untuk melindungi diri dari matahari saat mewawancarai sumber dipecat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Seorang jurnalis televisi di Cina yang difoto mengenakan kacamata hitam dan payung untuk melindungi diri dari matahari saat mewawancarai sumber dipecat.

Jurnalis perempuan yang tidak diketahui namanya tersebut difoto saat mewawancarai narasumber di Kota Xiamen. Dia bertanya mengenai upaya pemulihan kota pascaterjangan Topan Meranti.

Dilansir dari BBC, Jumat (23/9), penampilannya sangat kontras dengan relawan yang ia wawancarai. Foto tersebut lantas menjadi viral di dunia maya. Banyak netizen yang menuduhnya tidak profesional.

"Salah satu jurnalis kami tidak mematuhi aturan dan melakukan kesalahan saat wawancara. Hal itu merusak citra jurnalis dan menyebabkan dampak negatif pada publik," ujar stasiun TV Xiamen dalam pernyataan.

Tanggapan netizen di Weibo, media sosial Cina, terbelah mengenai citra dan perilaku jurnalis tersebut.

Pengguna Weibo, Eclairask bertanya apakah stasiun televisi sudah menetapkan aturan jelas jurnalisnya tidak boleh memakai kacamata hitam. "Atau apakah televisi dipaksa memecat jurnalisnya karena tekanan publik dan kemarahan?" ujarnya.

"Jika kalian tahu bagaimana sulitnya menjadi jurnalis, kalian tidak akan fokus pada kasesorisnya," kata pengguna bernama Pan.

Pengguna Weibo lain mengatakan masalahnya adalah pada kurangnya sikap jurnalis, dan tidak tahu bagaimana menghormati narasumber yang ia wawancarai.

Yanping Zhang, salah satu orang yang pertama kali mengunggah ulang foto tersebut mengatakan reaksi netizen jauh lebih kasar dari yang ia harapkan. "Saya pikir peringatan internal lisan sudah cukup," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement