Sabtu 24 Sep 2016 08:51 WIB

Horor! Hiu Putih Curi Kakap Merah di Kayak Nelayan

Hiu putih raksasa di perairan Australia
Foto: AP PHOTO
Hiu putih raksasa di perairan Australia

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Seorang nelayan dari Australia Barat mengatakan satu alat yang menggunakan medan elektromagnetik untuk menghalau hiu menyelamatkan dia dari serangan oleh hiu putih besar.

Nelayan tersebut, yang tidak disebutkan identitasnya, mengatakan ia sedang memancing dengan menggunakan kayak di lepas pantai Cockburn Sound, 40 kilometer di sebelah selatan Perth, ketika hiu besar itu --yang ia identifikasi sebagai hiu putih besar--mulai mengelilingi perahunya.

Di video singkat yang bereda di media sosial, terlihat peristiwa horor yang menimpa sang nelayan.

"Saya cuma kehilangan kakap merah lumayan besar ketika saya mendengar suara keras di belakang saya. Begitu menengok, saya disapa oleh hiu sepanjang empat meter," tulis lelaki tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua--yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi.

"Saya bukan ahli tapi itu mungkin hiu putih yang sangat besar. Dia mengikuti saya sejauh sekitar dua atau tiga meter dan menghilang ketika hewan itu berada di sekitar jarak pelindung saya dari ikan hiu," katanya.

Pelindung dari hiu adalah alat elektronik yang dipasangkan di perahu atau papan peluncur dan mengeluarkan gelombang elektrik tiga-dimensi yang memengaruhi reseptor elektrik jarak dekat pada moncong hiu dan menimbulkan sentakan yang tak tertahankan pada hiu.

Alat tersebut digambarkan di jejaring perusahaan penjualnya sebagai alat elektrik penangkal hiu yang diuji secara independen dan terbukti secara ilmiah.

Di dalam video itu, nelayan tersebut terlihat sangat khawatir saat hiu itu mendekati kayaknya.

"Hiu Putih Besar mengikuti saya, ya ampun ... Ikan itu besar, apa pun itu," katanya.

Tak lama kemudian, hiu tersebut berbalik dan menghilang, tapi nelayan itu masih ketakutan dengan kemungkinan serangan berikutnya.

Kemunculan hiu telah makin sering terjadi di lepas pantai Australia Barat pada 2016, dan pihak berwenang dipaksa menutup Trigg Beach, salah satu tempat berselancar yang paling terkenal di Perth, setelah 60 orang melaporkan mereka melihat hiu dalam dua bulan selama musim dingin.

Departemen Perikanan Australia Barat pada Agustus melaporkan kemunculan hiu di negara bagian itu telah hampir tiga kali lipat dari 534 pada setengah tahun pertama 2015 jadi 1.460 selama priode yang sama 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement