Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Remaja Australia Luka Parah Digigit Hiu

Senin 26 Sep 2016 20:30 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi

Ilustrasi

Foto: (Foto: Guy Harvey, Ocean Foundation)

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Seorang remaja Australia yang berusia 17 tahun pada Senin (26/9) digigit di pahanya oleh hiu di lepas pantai Ballina, tempat tiga peselancar lain juga telah diserang pada masa lalu.

News Corp, dengan mengutip juru bicara Westpac Helicopter, menyatakan remaja tersebut telah dibawa ke Lismore Base Hospital setelah serangan di Lighthous Beach pada Senin pagi. Surf Live Saving NSW (SLSNSW) telah mengonfirmasi serangan hiu tersebut, dan mendesak orang yang berlibur agar menghindari pantai setempat.

"Patroli pertama musim 2016-17 Penjaga Pantai di Lighthouse Beach lah yang bisa menanggapi keadaan itu dalam waktu beberapa detik setelah diberitahu oleh saksi mata," kata pernyataan SLSNSW.

"Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 09.00 waktu setempat, ketika peselancar yang berumur 17 tahun dikeluarkan dari air oleh peselancar lain setelah ia menderita luka parah di kakinya. Penjaga pantai membersihkan pantai itu dan remaja yang cedera diperiksa oleh petugas paramedis," kata pernyataan itu.

Peselancar lokal Rob Wright yang sedang berselancar di pantai yang sama mengatakan ia melihat banyak ikan lumba-lumba di perairan, yang menjadi tanda bahwa hiu juga berada di daerah tersebut. Polisi NSW di dalam satu pernyataan mengonfirmasi remaja itu berusaha sendiri keluar dari air dan dibantu oleh seorang perawat yang berada di pantai.

"Ia menderita satu luka gigitan di pahanya dan dibawa ke Lismore Base Hospital dalam kondisi stabil. Semua pantai di Ballina ditutup selama 24 jam ke depan," kata polisi NSW.

Peselancar remaja tersebut sedang mengayuh selancarnya di tempat berselancar ketika ia diserang. Ia menderita luka di bagian kanan tubuhnya, dengan luka di bagian tubuh dan kaki.

Pada November tahun lalu, seorang peselancar profesional Australia Sam Morgan diserang oleh hiu di lepas pantai yang sama di Ballina. Terjadi 19 serangan hiu antara Byron Bey dan Evans Head di NSW dari 2000 sampai 2015.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA