Sabtu 08 Oct 2016 01:19 WIB

Atasi Polusi, Menara Bebas Asap Dibangun di Beijing

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Agung Sasongko
Menara Bebas Asap Dibangun di Beijing
Foto: Youtube.com
Menara Bebas Asap Dibangun di Beijing

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Bagi mereka di Cina mencari obat untuk masalah kabut asap negara, solusi mungkin hanya berada di jalan. Sebuah alat bernama The Smog Free Tower (Menara Bebas Asap) yang membersihkan udara di sekitar alat telah dipasang di taman 751D Beijing pada 29 September dan akan berada di sana secara permanen.

Dilansir dari Dailymail, Sabtu (8/10), Menara Bebas Asap setinggi 23-kaki ini dapat membersihkan 30.000 meter kubik (1060000 kaki persegi) dari partikel asap per jam dan tidak menggunakan listrik lebih dari ketel air, menurut Roosegaarde.

Pada tanggal 29 September, Menara Bebas Asap dipasang di Beijing taman 751D bertepatan dengan Beijing Design Week. Studio Roosegaarde  mengklaim, perangkat kolosal, bernama Menara Bebas Asap tersebut adalah pembersih udara terbesar di dunia.

Menara ini dapat mengumpulkan polutan, memproses mereka dan kemudian mengembun menjadi kubus berukuran sekitar empat sentimeter (1,6 inci). Desainer dari Rotterdam ini mengatakan bahwa ia mendapat ide dari perjalanan ke Beijing pada tahun 2014.

"Dua setengah tahun lalu saya berada di Beijing pada hari Sabtu memandang kota dari lantai 32. Saya bisa melihat mobil-mobil dan bangunan lain tapi oleh Selasa atau Rabu, pandangan benar-benar tertutup dengan kabut asap. Itu begitu mencolok dan sangat sedih. "jelasnya.

Bahkan desain menara itu sendiri telah mengambil inspirasi dari China. "desain ini terinspirasi oleh pagoda Cina. Hal ini mencerminkan sejarah dan juga link ke masa depan. Menggabungkan dunia lama dan baru,"imbuhnya.

Roosegaarde memiliki dukungan dari Departemen Perlindungan Lingkungan China untuk membawa proyek ke China karena pemerintah memerangi kabut asap.

Prototipe Menara Bebas Asap diuji musim panas ini di sebuah taman di Rotterdam. Roosegaarde mengatakan bahwa kabut asap yang dikumpulkan di Beijing dalam waktu satu hari adalah setara dengan asap selama dua setengah minggu.

Asap dikumpulkan selama tes di Rotterdam kemudian berubah menjadi cincin dan diberikan kepada mereka yang telah disumbangkan ke halaman Kickstarter, yang Roosegaarde bentuk untuk membantu mendapatkan uang tunai agar dapat mewujudkan idenya.

Dia mengatakan dalam beberapa pekan mendatang, cincin asap Beijing akan diluncurkan.Respon di Cina terhadap menara sangat baik. Desainer mengatakan: 'orang Cina benar-benar senang dengan menara ini. Mereka melihat sebuah tanda harapan. "

Menara ini juga akan tur empat kota di China. Desainernya mengatakan bahwa lokasi yang tepat akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang: 'Hebei adalah provinsi yang paling tercemar di China sehingga kita pasti akan pergi ke sana. Shenzhen adalah pada daftar karena memiliki mentalitas pembuat. '

Beijing telah menghadapi masalah kenaikan kabut asap selama beberapa tahun terakhir. Ibukota ini sering disebut sebagai kota paling tercemar di China.

Pada tanggal 2 Oktober, Beijing telah disiagakan asap kuning yang menerapkan pembatasan pada pembangunan dan memasak di luar ruangan. -Orang dengan masalah pernapasan diberitahu untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan.

Musim dingin umumnya dikenal sebagai musim kabut asap negara dengan sebagian besar peringatan polusi dirilis saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement