Selasa 11 Oct 2016 16:33 WIB

Warga Thailand Kenakan Baju Pink demi Kesembuhan Raja

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Warga Thailand berdoa demi kesembuhan Raja Bhumibol Adulyadej di Siriraj Hospital di Bangkok, Thailand, 11 Oktober 2016.
Foto: REUTERS/Chaiwat Subprasom
Warga Thailand berdoa demi kesembuhan Raja Bhumibol Adulyadej di Siriraj Hospital di Bangkok, Thailand, 11 Oktober 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK --  Kerumunan orang dengan mengenakan baju berwarna merah muda terlihat di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok, Thailand, Selasa (11/10). Satu per satu dari mereka datang dan berdoa, sesuai dengan ritual Buddha, mayoritas agama di negara itu.

Warga Thailand yang datang meyakini pink dan warna cerah lainnya adalah warna keberuntungan. Mereka yakin, itu dapat membantu meningkatkan kesehatan Raja Bhumibol Adulyadej, yang pada dua hari lalu, tepatnya pada Ahad (9/10), disebut berada dalam kondisi tidak stabil.

Menurut keterangan Istana Thailand, Raja Bhumibol mengalami kondisi itu setelah kembali dari perawatan hemodialisis atau cuci darah di rumah sakit. Alat bantu berupa ventilator juga dipasang karena tekanan darah raja yang menurun.

Selama ini, bukan hal yang biasa bagi Istana untuk mengumumkan keadaan raja. Biasanya, kondisi kesehatan dari Bhumibol yang dikenal sebagai Raja Rama IX itu hanya dilaporkan saat mulai membaik atau mengalami peningkatan.

Pesan ajakan agar para warga di negara itu memakai baju berwarna pink muncul di media sosial sejak pengumuman dari istana mengenai kondisi Bhumibol yang masih mengkhawatirkan. Warna itu, dianggap sangat baik untuk raja, mengacu keyakinan dari seorang astrolog kerajaan.

Salah seorang warga yang ditemui di distrik Silom, Bangkok juga mengaku sangat prihatin atas kesehatan Bhumibol. Ia ingin raja yang dicintainya itu berada dalam kondisi pulih seperti sedia kala.

"Saya sangat prihatin dan saya mungkin ingin mengenakan pakaian warna merah muda setiap harinya," ujar Chay Chinapairot (46 tahun).

Di jejaring sosial Facebook juga terdapat bentuk dukungan dari 2,5 juta pengguna yang tergabung dalam halaman bernama 'We Love Thai King'. Mereka menggunakan tagar #wishthatthismajestyrecoversoon dalam bahasa Thailand.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement