Jumat 14 Oct 2016 02:32 WIB

Masih Dirundung Duka, Pangeran Thailand Minta Penobatannya Ditunda

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Reiny Dwinanda
Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn (kiri) dan Pangeran Mahkota Maha Vajiralongkorn.
Foto: Dylan Martinez/Reuters
Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn (kiri) dan Pangeran Mahkota Maha Vajiralongkorn.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Putra Mahkota Thailand Pangeran Maha Vajiralongkorn meminta penobatannya sebagai raja ditunda. Penundaan penobatan disampaikannya kepada Perdana Menteri Thailand karena ia merasa masih dirundung duka selepas kepergian ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej. "Putra Mahkota meminta waktu mempersiapkan diri sebelum dinobatkan sebagai raja baru," ujar Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-O-Cha.

Vajiralongkorn adalah pewaris kerajaan Thailand. "Pangeran masih ingin meratapi kepergian raja bersama dengan rakyat Thailand," kata Prayut, dikutip dari Daily Mail.

Baca juga: Pangeran Vajiralongkorn akan Gantikan Raja Bhumibol Adulyadej

Vajiralongkorn yang saat ini berusia 64 tahun dikenal sebagai sosok yang tempramental. Ia telah tiga kali menikah dan rumah tangganya berakhir dengan perceraian. Vajiralongkorn juga pernah terjerat masalah keuangan di pemerintahan Thailand.

Raja Bhumibol, yang memegang kekuasaan monarki terlama di dunia, tutup usia pada Kamis (13/10), di Bangkok, dalam usia 88 tahun. Ia menjabat sebagai raja selama 70 tahun dan sangat dihormati oleh rakyatnya.

Baca juga: Raja Thailand Embuskan Napas Terakhir

Pemerintah Thailand menyatakan, negara tersebut akan memiliki masa berkabung selama satu tahun. Semua hal yang bersifat hiburan akan disetop selama 30 hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement