Rabu 02 Nov 2016 16:59 WIB

Korsel Tunjuk PM dan Menkeu Baru

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Bendera Korsel
Bendera Korsel

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kantor kepresidenan Korea Selatan menunjuk perdana menteri dan menteri keuangan baru, Rabu (2/11). Perubahan kabinet ini menyusul skandal terbaru yang terkait dengan Presiden Park Geun-hye dan temannya Choi Soon-sil.

Blue House menunjuk Ketua Komisi Layanan Keuangan Yim Jong-yong sebagai menteri keuangan dan wakil perdana menteri. Ia menggantikan menteri Yoo Il-ho yang dikenal sebagai pembuat kebijakan yang baik.

Sementara posisi perdana menteri kabarnya akan dijabat oleh Kim Byong-joon/ Ia adalah pejabat kepresidenan senior pada masa mantan presiden Roh Moo-hyun.

Peran PM di Korsel sebagaian besar adalah mengurus hal administratif. Namun penempatannya perlu persetujuan parlemen. Kim sebelum berencana menggelar konferensi pers namun dibatalkan.

Ia akan bicara pada Kamis. "Situasi bergerak dengan cepat dan saya akan bicara besok setelah mendengarkan pendapat orang terdekat," kata Kim. Penunjukan Kim disebut-sebut demi menurunkan ketegangan setelah Choi ditahan dan diselidiki terkait dugaan campur tangan urusan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement