Ahad 06 Nov 2016 15:47 WIB

Pasukan Irak Desak ISIS dari Hammam al Alil

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Karta Raharja Ucu
Para militan ISIS (ilustrasi).
Foto: AP
Para militan ISIS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Pasukan Irak mendesak militan ISIS dari Hammam al Alil ke Mosul. Wilayah ini hanya beberapa kilometer dari bandara.

Komandan Pasukan Irak Letnan Jenderal Raed Shakir Jawdat mengatakan, pasukan Irak telah menguasai Hammam al Alil yang berjarak 15 km dari Kota Mosul. "Ini jaraknya cukup dekat dengan bandara," katanya seperti dinukil dari Reuters, Sabtu, (5/11).

Kemajuan serangan pasukan Irak hanya beberapa hari setelah pasukan khusus Irak masuk ke timur Mosul. Mereka merebut enam kota di sekitar Mosul dari tangan ISIS.

Kota-kota tersebut dikembalikan kekuasaannya setelah ISIS diusir. Sebelumnya ISIS menguasai kota-kota itu selama dua tahun.

"Pasukan khusus Irak lainnya juga telah menyerang ISIS hingga utara dan barat Sungai Tigris. Pasukan kami mencapai wilayah 4 kilometer dari bandara," ujar Jawdat.

Perdana Menteri Irak Haider al Abadi mengatakan, para warga Kota Mosul yang menjadi tawanan ISIS tak perlu takut. "Kami akan segera membebaskan kalian dari cengkeraman ISIS."

Kemajuan serangan pasukan Irak kepada ISIS cukup bagus selama hampir tiga minggu pertempuran. "Bahkan hasil pertempuran ini  jauh melebihi dari harapan kami."

Memang kemajuan mungkin tak telalu cepat karena banyaknya serangan bunuh diri dengan bom mobil, serangan penembak jarak jauh, juga serangan bom-bom yang ada di pinggir-pinggir jalan. Namun ini tak akan mematahkan semangat pasukan Irak.

"Pasukan kami yang heroik tak akan mundur sedikitpun. Pasukan kami tak akan bisa dihancurkan," kata Abadi.

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement