Kamis 10 Nov 2016 05:19 WIB

15 Tanggapan Pemimpin Dunia Atas Kemenangan Donald Trump (2)

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden terpilih Donald Trump tersenyum saat ia tiba untuk berbicara pada malam kampanye pemilu, Rabu, 9 November, 2016, di New York.
Foto:

Liberia

Presiden Ellen Johnson Sirleaf mengatakan, pihaknya 'sangat sedih dengan kemenangan Donald trump. "Kekhawatiran kami adalah apakah Presiden terpilih Trump akan memiliki agenda Afrika dan membangun jembatan," katanya.

Afganistan

Presiden Ashraf Ghani mengatakan, negaranya dan Amerika Serikat (AS) merupakan mitra strategis dalam memerangi terorisme dan pembangunan.

"Pemerintah Afghanistan berharap, kerjasama dengan baru presiden terpilih akan lebih memperdalam hubungan antara kedua negara," kata dia.

Sementara, Ketua Eksekutif, Abdullah Abdullah menuturkan, memerangi ekstremisme dan membawa perdamaian serta stabilitas merupakan prioritas utama dari Afganistan dan AS. Ia meyakini, hubungan baik kedua negera mampu menguatkan sektor ekonomi, militer, sosial dan budaya.

Kanada

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan, negaranya tidak memiliki teman sebagai mitra dan sekutu, seperti Amerika Serikat.

"Kami berharap dapat bekerja sangat erat dengan presiden terpilih Trump, administrasi, dan dengan Kongres Amerika Serikat di tahun-tahun mendatang. Termasuk isu-isu seperti perdagangan, investasi, dan perdamaian internasional dan keamanan," kata Trudeau.

Meksiko

Presiden Enrique Pena Nieto tidak mengucapkan selamat kepada Donald Trump atas kemenangannya. Ia hanya mengucapkan selamat kepada AS atas terselenggaranya pesta demokrasi di Negeri Paman Sam itu. Ia berharap, kandidat terpilih dapat membawa AS menjadi negara yang lebih kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement