Kamis 01 Dec 2016 11:27 WIB

Sejarah Hari Ini: PM Pertama Israel Meninggal

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
David Ben Gurion, seorang pendiri Israel.
Foto: biography
David Ben Gurion, seorang pendiri Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, David Ben Gurion, seorang pendiri Israel meninggal pada 1 Desember 1973. Ia yang juga menjadi perdana menteri pertama di wilayah itu berpulang di usia 87 tahun.

Gurion meninggal setelah menderita pendarahan otak dan mendapat perawatan di rumah sakit selama dua pekan. Ia disemayamkan di halaman Parlemen Israel yang dikenal dengan sebutan Knesset di Yerusalem.

Ia merupakan seorang zionis yang merasa ingin membuat Israel menjadi sebuah negara. Pada 14 Mei 1948, untuk pertama kalinya Gurion mencoba mewujudkan impiannya.

Pada 1953, ia yang telah dianggap sebagai pemimpin Israel mengundurkan diri dengan alasan membutuhkan waktu beribadah. Namun, dua tahun setelahnya Gurion kembali ke dunia politik dengan menjadi menteri pertahanan dan tak lama setelahnya menjabat sebagai perdana menteri.

Sepanjang berkarir, ia dikenal sebagai seorang sosialis. Bahkan, ia juga disebut menjadi politikus kontroversial karena terus bersikeras tak menyerahkan satu pun tanah yang diambil Israel dalam perang 1967.

Selanjutnya: Perempuan Kulit Hitam Pertama AS yang Tentang Hukum Kulit Putih

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement