Ahad 04 Dec 2016 05:01 WIB

Sejarah Hari Ini: George Bush Kirim 28 Ribu Tentara ke Somalia

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Tentara AS yang pulang dari Somalia.
Foto: AP
Tentara AS yang pulang dari Somalia.

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Amerika Serikat (AS) ke-41 GeorgeHerbert Walker Bush memerintahkan 28 ribu tentara pergi ke Somalia pada 4 Desember 1992. Perintah itu menjadi misi militer yang disebut sebagai 'Pekerjaan Tuhan' atas perang yang melanda salah satu negara di timur Afrika tersebut.

Dalam misi militer itu, Bush menjelaskan AS akan bertindak menyelamatkan lebih dari satu juta jiwa di Somalia. Ia juga meyakinkan operasi akan dilakukan sesuai keperluan dan tak akan diperpanjang kecuali dengan alasan yang benar-benar dibutuhkan.

Pasukan AS dikirim sebagaimana permintaan pasukan PBB yang tidak mampu mengendalikan sejumlah faksi di Somalia. Situasi keamanan kian memburuk dan ribuan ton makanan yang akan dikirimkan kepada warga sipil terhalang dan menyebabkan seperempat penduduk negara itu terancam kelaparan.

Dengan kehadiran pasukan militer AS dan beberapa negara lain, PBB berhasil mendistribusikan makanan yang dibutuhkan warga Somalia. Namun, pertempuran antarfaksi terus berlanjut. PBB tak memiliki rencana efektif menghentikan konflik.

Pasukan kemanusiaan AS justru akhirnya terlibat dalam konflik politik di Somalia. Misi menjadi kontroversial hingga akhirnya dibatalkan oleh presiden baru AS, pengganti Bush yaitu Bill Clinton pada 1993.

Selanjutnya: Ledakan Pub di Inggris, 10 Orang Tewas

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement