Selasa 13 Dec 2016 21:31 WIB

Canberra Larang Pengumpulan Dana dengan Menjual Cokelat

Pengumpulan dana dengan menjual camilan coklat.
Foto: abc
Pengumpulan dana dengan menjual camilan coklat.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Kalangan pegawai negeri di ibu kota Australia, Canberra akan terpaksa menukar Freddos (salah satu kue coklat batangan) dengan buah mangga, menyusul adanya larangan pengumpulan dana dengan cara menjual cokelat di kantor-kantor pemerintahan.

Kebijakan yang dikeluarkan Public Sector Healthy Food and Drink Choices di negara bagian ACT (Australian Capital Territory) itu menetapkan apa yang dikategorikan sebagai item makanan merah yang mencakup kue coklat batangan, makanan cepat saji hingga gorengan tidak boleh disajikan dalam katering, pemberian hadiah atau pengumpulan dana.

Penjelasan mengenai larangan itu disampaikan, Selasa (13/12) ke kalangan PNS yang menyebutkan alasan kesehatan. Hal ini tentunya kabar buruk bagi para penyuka camilan manis.

"Di saat pengumpulan dana dengan cara jualan coklat atau cemilan biasanya untuk tujuan mulia, namun dampaknya buruk bagi kesehatan kita. Ada tren yang semakin meningkat di kalangan tim olahraga dan di sekolah-sekolah melakukan pengumpulan dana secara berbeda, yang menawarkan pilihan lebih sehat," demikian isi penjelasan itu.

Salah satu alternatif tersebut adalah buah mangga, yang menurut penjelasan tersebut sudah terbukti lebih populer.

"Jika Anda melaksanakan pengumpulan dana, cobalah pendekatan baru seperti misalnya menawarkan peralatan olahraga, buah-buahan, tiket bioskop atau voucer belanja," demikian dijelaskan.

Pihak terkait telah coba dihubungi untuk dimintai konfirmasi. Pemimpin Oposisi ACT Alistair Coe menanggapi larangan tersebut sebagai reaksi berlebihan dari pemerintah.

"Sekali lagi ... Pemerintah ACT bertindak berlebihan dan terlalu jauh campur tangan dalam kehidupan warga, padahal seharusnya mereka tidak perlu turut campur. Saya kira kita akal sehat dalam hal ini," katanya.

Dia mengaku tidak keberatan atas penggalangan dana degan jualan mangga, Coe menyatakan para PNS harus bisa mengatur sendiri konsumsi cokelat mereka. "Bukan tugas pemerintah untuk menentukan item apa yang bisa dipergunakan dalam penggalangan dana dan mana yang tidak boleh," katanya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/dinilai-tidak-sehat,-canberra-larang-pengumpulan-dana-dengan-ju/8116662
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement