Kamis 22 Dec 2016 09:00 WIB

Sejarah Hari Ini: Korban Pesawat Jatuh Ditemukan Selamat Setelah 2 Bulan Hilang

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Pesawat jatuh (ilustrasi)
Foto:
Gorila

Seekor gorila lahir di Kebun Binatang Columbus, Ohio, Amerika Serikat (AS) pada 22 Desember 1956. Untuk pertama kalinya, hewan mamalia besar ini datang ke dunia melalui sebuah penangkaran.

Gorila itu kemudian diberi nama Colo. Ia merupakan seekor betina, lahir dari dua gorila Millie dan Mac yang berasal dari Kamerun, Afrika.

Pada 1951 kedua orang tua Colo dibawa ke kebun binatang Columbus. Sebelumnya, hewan berkaki dua itu seringkali menjadi incaran para pemburu. Hal itu mengakibatkan binatang ini terancam punah dari dunia.

Rata-rata, gorila dapat hidup hingga usia 35 tahun di alam liar. Sementara, 50 tahun jika mereka berada di penangkaran.

Colo dibesarkan oleh penjaga kebun binatang. Namun, ia mendapatkan habitat yang hampir serupa dengan keadaan alamiahnya dan mendapat stimulasi untuk terus meningkatkan kemampuan dirinya.

Hingga saat ini, Colo masih hidup dan berada di kebun binatang Columbus. Ia telah memiliki keturunan, salah satunya adalah cucu perempuan bernama Timu. Sejak ia di sana juga ada 30 gorila yang lahir di penangkaran tersebut.

Setidaknya, ada 750 gorila yang hidup di penagkaran di seluruh dunia. Sementara ada 100 ribu gorila yang hidup di alam liar dan rata-rata menetap di dataran rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement