Ahad 25 Dec 2016 10:42 WIB

Sejarah Hari Ini: Kebakaran di Pesta Malam Natal Cina, 300 Orang Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Kebakaran/ilustrasi
Foto: pixabay
Kebakaran/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kebakaran terjadi di sebuah diskotik di Luoyang, Cina pada 25 Desember 2000. Sebanyak lebih dari 300 orang pengunjung yang saat itu datang untuk menghadiri pesta natal dilaporkan tewas.

Diskotik ini terletak di lantai atas pusat perbelanjaan Luoyang, Provinsi Henan. Setiap tahunnya, pesta natal di tempat hiburan itu diselenggarakan. Meski Cina tidak menjadikan hari natal sebagai libur nasional, namun banyak warga yang turut merayakannya.

Api diduga berasal dari lantai bawah pusat perbelanjaan. Pada malam menjelang pergantian hari, kebakaran diduga sudah terjadi di beberapa bagian bangunan.

Namun, pengunjung yang berada di diskotik lantai atas tidak menyadari apapun. Hingga menjelang tengah malam api menyebar dan kepanikan terjadi.

Pintu darurat yang tersedia paling dekat dengan diskotik dan mengarah ke atap dilaporkan tidak bisa berfungsi saat kejadian itu. Hanya pintu keluar di belakang bar diskotik yang bisa digunakan, namun tak banyak pengunjung yang mengetahuinya.

Hanya 12 orang yang selamat dalam kejadian itu. Termasuk di antaranya adalah mereka yang mencoba melompat dari jendela. Api baru benar-benar dapat dipadamkan pada pagi hari.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement