Senin 26 Dec 2016 06:23 WIB

Sejarah Hari Ini: Khamenei Minta Penulis Salman Rushdie Divonis Mati

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Salman Rushdie
Mantan Presiden Amerika Serikat, Harry S Truman

Presiden Amerika Serikat (AS) ke-33, Harry S Truman meninggal dunia pada 26 Desember 1972. Ia menutup kehidupan pada usia 88 tahun di Kansas City, Missoury.

Truman menjadi pemimpin di Negeri Paman Sam menggantikan Franklin D Roosevelt yang wafat. Pria kelahiran 8 Mei 1994 itu sebelumnya menjadi wakil presiden dan berasal dari Partai Demokrat.

Ia dikenal sebagi pemimpin yang bijak dan memiliki rasa hormat kepada setiap orang. Truman merupakan putra seorang petani yang pada masa kecil menjalani kehidupan sulit, bahkan tidak mampu meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi.

Namun, ia bergabung dalam pasukan tentara AS pada 1916 dan terlibat dalam Perang Dunia I. Setelah masa itu berakhir, Truman membuka sebuah bisnis di Kansas City.

Hingga kemudian usaha yang dijalaninya mengalami kebangkrutan. Tidak putus asa, Truman kemudian mulai memasuki dunia politik AS.

Ia menjadi anggota Senat pada 1934. Hingga kemudian menjadi wakil presiden pada 1945. Selama itu pula, Truman terkenal sebagai politisi yang jujur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement