Senin 26 Dec 2016 06:23 WIB

Sejarah Hari Ini: Khamenei Minta Penulis Salman Rushdie Divonis Mati

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Salman Rushdie
Masjid Raya Aceh pascaterjangan tsunami

Gempa bumi dan tsunami melanda Aceh pada 26 Desember 2004. Lebih dari 230 ribu orang tewas dan banyak permukiman tepi pantai tenggelam dalam bencana ini.

Banyak ahli yang menyebut peristiwa itu sebagai gempa bumi Sumatera Andaman dan tsunami Samudra Hindia. Salah satu bencana paling mematikan dalam sejarah ini terjadi ketika lempeng Hindia disubduksi oleh lempeng Burma dan menghasilkan serangkaian tsunami di pesisir yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Gempa terjadi pertama kali pukul 07.58 WIB dan diikuti tsunami sekitar pukul 8.20 WIB. Selain di Aceh, Indonesia, terdapat 14 negara lain yang terkena dampak bencana ini. Di antaranya adalah Sri Lanka, India, dan Thailand.

Kekuatan gempa saat itu mencapai 9,3 skala richter. Selain itu, gempa memiliki durasi terlama sepanjang sejarah, sekitar 8,3 hingga 10 menit.

Bahkan, hal itu juga menciptakan gempa hingga ke wilayah Alaska. Seluruh dunia mengirimakn bantuan kemanusiaan, khususnya untuk masyarakat di wilayah Aceh dengan total bantuan mencapai 14 miliar dolar AS.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement