Ahad 01 Jan 2017 01:26 WIB

Raja Baru Thailand Minta Rakyat Bersatu dalam Pidato Pertamanya

Putra Mahkota Thailand Maha Vajiralongkorn yang akan menggantikan Raja Bhumibol Adulyadej yang mangkat.
Foto: AP Photo/Sakchai Lalit
Putra Mahkota Thailand Maha Vajiralongkorn yang akan menggantikan Raja Bhumibol Adulyadej yang mangkat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, dalam pidato Tahun Baru pertamanya sejak ia naik takhta pada awal Desember, menyerukan persatuan dan meminta rakyat Thailand mempertahankan kebajikan mereka yang terlihat selama masa berkabung.

"Tak peduli apa pun yang menghalangi, masalah yang mungkin kita hadapi di negeri kita, kami percaya jika kita bekerja sama menyelesaikan semua itu, kita dapat mengatasi dan meringankan keadaan apa pun," kata Raja Vajiralongkorn di dalam pidato yang disiarkan pada Sabtu malam (31/12).

Ia juga berterima kasih kepada masyarakat atas kesetiaan yang mereka perlihatkan kepada ayahnya, mendiang Raja Bhumibol Adulyadej. "Selama masa berkabung, rakyat Thailand memperlihatkan kebajikan, penghormatan mereka kepada mendiang raja, ketulusan mereka kepada sesama rakyat, patriotisme mereka dan kemampuan mereka," kata Raja itu, sebagaimana dikutip Xinhua.

Itu adalah untuk kedua kali Raja Vajiralongkorn berbicara kepada rakyat dalam pidato yang ditayangkan televisi sejak ia naik takhta pada 1 Desember. Dalam beberapa pekan mendatang, Raja Vajiralongkorn dijadwalkan mengesahkan undang-undang dasar yang disusun junta untuk memulai proses pemulihan demokrasi. Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha meyakinkan rakyat akan ada pemilihan umum bagi demokrasi sejati buat Thailand.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement