Selasa 03 Jan 2017 15:11 WIB

Lapas New South Wales Rusuh, Petugas Tembakkan Gas Air Mata

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Penjara (ilustrasi)
Penjara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bathurst, New South Wales (NSW), yang terletak 200 kilometer sebelah barat Sidney. Kejadian itu berawal dari bentrokan antara tahanan dan petugas lapas.

Kerusuhan yang terjadi pada Selasa (3/1) pukul 13.30 waktu setempat itu awalnya terjadi karena ada dua narapidana yang terlibat perdebatan karena napi tersebut menolak meninggalkan blok. Ketika penjaga blok itu menahan salah satu napi, napi yang lain masuk dan memukul kepala penjaga itu berulang kali.

"Kemudian petugas itu dibawa ke klinik, sedangkan dua napi itu diamankan di sel mereka. Namun sejumlah napi lain yang berada di halaman terpicu untuk melanggar," kata seorang petugas lapas NSW.

The Guardian, Selasa (3/1) melaporkan, karena percobaan pelanggaran oleh beberapa napi itu akhirnya petugas terpaksa menembakkan gas air mata. Kerusuhan pun pecah, sekitar 70 napi terlibat dalam kerusuhan tersebut. Hingga menerjunkan polisi, pemadam kebakaran dan paramedis.

Sementara itu Komisaris Lapas Peter Severin meminta petugas lapas untuk menangani insiden tersebut secara intensif dan bijaksana. Dia mengaku akan melakukan penyelidikan internal setelah ini.

Kerusuhan itu terjadi beberapa jam setelah ada seorang napi di Sidney Long Bay berusia 77 tahun yang membunuh rekan satu selnya berusia 71 tahun. Lapas itu juga dioperasikan Lapas NSW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement