Ahad 15 Jan 2017 11:39 WIB

Sejarah Hari Ini: Qaddafi Jadi PM Libya Setelah Gulingkan Raja Idris

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Mendiang Muammar Qaddafi
Mendiang Muammar Qaddafi

REPUBLIKA.CO.ID, Muammar al-Qaddafi, terpilih sebagai Perdana Menteri Libya oleh Kongres Rakyat Umum, pada 15 Januari 1970. Qaddafi adalah seorang kapten muda tentara Libya yang berhasil menggulingkan Raja Idris pada September 1969.

Lahir di sebuah tenda di padang pasir Libya, Qaddafi adalah anak dari seorang petani Bedouin. Dia bersekolah universitas dan akademi militer Libya dan terus naik di jajaran tentara Libya.

Ia merupakan seorang nasionalis Arab yang diplot untuk menggulingkan monarki Libya. Qaddafi membentuk kediktatoran anti-Barat di bawah ortodoksi Islam, sosialisme revolusioner, dan nasionalisme Arab.

Pada 1970, ia menghancurkan pangkalan militer AS dan Inggris, kemudian mengusir Yahudi Italia dan Libya. Pada 1973, ia menasionalisasi ladang minyak milik asing, dan mengembalikan hukum Islam, seperti larangan minuman beralkohol dan perjudian, serta meluncurkan program sosial yang meningkatkan standar hidup di Libya.

Karena ambisinya untuk menyatukan dunia Arab, ia mencari hubungan yang lebih dekat dengan negara tetangga, terutama Mesir. Namun, ketika Mesir dan negara-negara Arab lainnya memulai proses perdamaian dengan Israel, Libya semakin terisolasi.

Pemerintah Qaddafi membiayai berbagai kelompok teroris di seluruh dunia, mulai dari gerilyawan Palestina dan pemberontak Muslim Filipina, hingga Tentara Republik Irlandia. Pada 1980, Barat menyalahkannya atas sejumlah serangan teroris di Eropa.

Pada April 1986 pesawat perang AS mengebom Tripoli sebagai pembalasan atas pemboman teroris di sebuah ruang dansa di Jerman Barat. Qaddafi dilaporkan terluka dan anak bayinya tewas dalam serangan itu.

Pada Februari 2011, kerusuhan menyebar di banyak negara Arab, protes politik besar-besaran terhadap rezim Qaddafi memicu perang saudara antara kaum revolusioner dan loyalis. Pada Maret, koalisi internasional mulai melakukan serangan udara terhadap kubu Qaddafi di bawah naungan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Dilansir dari History, pada 20 Oktober, pemerintah sementara Libya mengumumkan Qaddafi telah tewas setelah ditangkap dekat kota kelahirannya, Sirte.

Selanjutnya: Elizabeth Dinobatkan Sebagai Ratu Inggris

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement