Selasa 14 Feb 2017 07:27 WIB

Bendungan California Hampir Jebol, 160 Ribu Warga Dievakuasi

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nur Aini
Bendungan (ilustrasi)
Foto: ipenz.org.nz
Bendungan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Bendungan tertinggi di Amerika Serikat di dekat Oroville di California Utara diprediksi akan meluap sewaktu-waktu. Oleh karena itu penduduk setempat yang tinggal di bawah bendungan diminta untuk segera mengungsi dari tempat tinggalnya.

Perintah evakuasi tiba-tiba datang dari pihak berwenang yang mengatakan bahwa luapan tambahan dari Bendungan Danau Oroville bisa meluap ke jalan setiap saat. Hal itu akan membanjiri pedesaan di sepanjang Sungai Feather.

"Diperintahkan untuk evakuasi segera dari daerah yang lebih rendah dari Oroville dan daerah hilir. Ini bukan latihan," kata polisi lokal Butte, California dalam pernyataan yang dimuat di media sosial, dikutip dari the Independent, Senin (13/2).

Departemen Sumber Daya Air California  mengatakan di Twitter pada sekitar pukul 16:30 waktu setempat lubang bendungan diprediksi akan rusak dalam satu jam berikutnya. Namun beberapa jam kemudian situasi tidak terlalu mengerikan karena lubang bendungan tetap kokoh.

Departemen Sumber Daya Air mengatakan dengan menggunakan helikopter, krunya akan turun untuk mengisi batu agar membantu membendung. Pihak berwenang juga menurunkan air ke tingkat danau yang lebih rendah setelah hujan lebat yang terjadi pada Ahad (12/2), di mana kekeringan sempat melanda.

Kepala Polisi Daerah Butte Korey Honea mengatakan pada konferensi pers bahwa para ahli sebelumnya pada Ahad (12/2) mengatakan bahwa lubang yang sedang dibuat di aliran air dapat membahayakan struktur. Daripada mengambil risiko ribuan nyawa, Korey memutuskan untuk segera mengevakuasi warga.

Namun kemudian diketahui bahwa erosi tidak berkembang secepat yang dikhawatirkan sebelumnya dan jumlah air yang mengalir di atas lubang aliran jatuh dengan cepat.

Namun, perintah evakuasi tetap dijalankan. Kantor Layanan Darurat Yuba mendesak pengungsi melakukan perjalanan hanya ke timur, selatan atau barat. "Jangan melakukan perjalanan ke utara Oroville," kata pihak departemen di Twitter. Lebih dari 160 ribu orang tinggal di daerah evakuasi yang terdiri dari tiga wilayah.

Bendungan Oroville hampir penuh setelah gelombang badai musim dingin setelah empat tahun kekeringan. Di mana tinggi permukaan air sekitar 2 meter dari atas bendungan. Sementara itu otoritas negara dan insinyur pada Kamis (9/2) mulai hati-hati melepaskan air dari Bendungan Danau Oroville, yang terletak sekitar 105 kilometer utara dari Sacramento. Hal itu setelah mengetahui bahwa potongan besar dari beton pengalir air ada yang hilang.

Gubernur California Jerry Brown meminta Badan Manajemen Darurat Federal pada Jumat (10/2) untuk mengumumkan terjadi bencana besar akibat banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh badai. Struktur bendungan hanya terdapat di hulu dan timur Oroville, di mana kota itu berpenduduk lebih dari 16 ribu orang. Bendungan itu dibangun pada ketinggian struktur 230 meter. Dibangun antara 1962 dan 1968, merupakan bendungan tertinggi di Amerika Serikat, yang melebihi bendungan terkenal Hoover sekitar 12 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement