Selasa 14 Feb 2017 09:39 WIB

Sejarah Hari Ini: Pembantaian di Hari Valentine

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Al Capone
Foto: Reelz.com
Al Capone

REPUBLIKA.CO.ID,   Pada 14 Februari 1929 terjadi pembantaian pada Hari Valentine di Chicago. Seperti dilansir On This Day, sebanyak tujuh anggota geng dibunuh. Pembunuhan diduga atas perintah Al Capone.

Al Capone merupakan gangster Amerika yang lahir di Brooklyn, New York. Ia terlibat dengan aktivitas geng saat masih remaja dan diusir dari sekolah pada usia 14 tahun.

Saat berusia dua puluhan, ia pindah ke Chicago untuk mencari keuntungan dengan  menyelundupkan minuman beralkohol secara ilegal ke kota. Ia juga terlibat dalam berbagai kegiatan kriminal lain termasuk prostitusi ilegal.

Demi memuluskan pekerjaan haramnya, Capone sering menyuap pemerintah kala itu. Ia juga senang memberikan berbagai sumbangan dan amal dari uang haramnya supaya dihormati masyarakat.

Karena sering melakukan kegiatan amal meski dengan uang haram, Capone menjadi disegani oleh orang-orang di sekitarnya. Bahkan ia sering disebut sebagai Robin Hood modern.

Namun reputasi publik Capone yang selama ini dibangun dengan baik akhirnya rusak. Ini terjadi saat ia terlibat  pembantaian tujuh anggota geng saingannya dengan melakukan eksekusi pada Hari Valentine.

Namun Capone malah dihukum penjara atas tuduhan menghindari  pajak pada tahun 1931. Ia dibebaskan secara bersyarat pada tahun 1939. Pada 25 Januari 1947 akhirnya Capone menghembuskan napas terakhirnya akibat stroke.n dyah ratna meta novia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement