Jumat 17 Feb 2017 11:50 WIB

Sejarah Hari Ini: Picasso Diperkenalkan di Amerika Serikat

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Pablo Picasso
Foto: dailymail.co.uk
Pablo Picasso

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 17 Februari 1913 NY Armory Show memperkenalkan Picasso ke publik Amerika Serikat. Picasso yang bernama lengkap Pablo Ruiz Picasso merupakan pelukis hebat pada abad ke-20. Ia terkenal kemahirannya dalam melukis dengan aliran  kubisme.

Selama hidupnya Picasso menghasilkan 20.000 karya. Namun ia sering berganti gaya lukisan. Ini terjadi karena ia sering bergaul dengan banyak teman dan sering dipengaruhi oleh temannya.

Picasso berubah drastis ke gaya kubisme karena berteman baik dengan  Georges Braque. Braque merupakan pelukis Prancis sekaligus penemu gerakan seni kubisme bersama Picasso.

Seperti dilansir situs Pablo Picasso, Picasso lahir di Malaga, Spanyol pada  Oktober  1881. Ia merupakan anak pertama di keluarganya.

Ayah Picasso merupakan seorang seniman sekaligus profesor di sekolah seni. Ia juga merupakan kurator museum di Malaga. Picasso belajar di bawah asuhan ayahnya selama setahun di Akademi Seni sebelum akhirnya pindah ke Paris, Prancis untuk mengembangkan karirnya.

Pada 1901 Picasso pergi  Paris. Ia di sana menemukan tempat ideal untuk mempraktekkan gaya lukis barunya dan tempat melakukan berbagai eksperimen. Di Paris pula ia bertemu temannya Braque dan mengembangkan gaya baru di dunia lukis yakni kubisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement