Senin 06 Mar 2017 13:01 WIB

Sejarah Hari Ini: Kapal Feri Tenggelam dalam 90 Detik, 193 Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Kapal Herald of Free Enterprise terbalik dan tenggelam di Belgia pada 1987.
Foto:
Seniman Italia Michelangelo.

Pada hari ini tahun 1475 silam, seniman kenamaan Italia, Michelangelo Buonarroti lahir. Putra dari seorang pegawai pemerintahan ini lahir di kota kecil Caprese. Ia dibesarkan di Florence.

Geliat seninya mulai terlihat di usia 13 tahun. Ia menunjukkan talenta luar biasa di bawah sayap seniman Loreno de' Medici. Selama dua tahun ia tinggal di istana Medici. Ia juga jadi siswa pembuat patung Bertoldo di Giovanni.

Michelangelo pun mempelajari koleksi seni Medici termasuk seni Roma kuno. Ia melanglang buana ke Bologna dan Roma sambil melakukan sejumlah pekerjaan seni.

Karya penting di awal karirnya adalah Pieta, sebuah pahatan yang berdasar tipe tradisional citra tubuh Kristus di pangkuan Virgin Mary. Bakat dan kemampuannya terus berkembang dan semakin matang.

Sepanjang hidupnya, ia menelurkan karya-karya seni yang hingga kini masih dikagumi penikmat seni. Ia mendesain sejumlah bangunan dan monumen di Roma. Termasuk Capitoline Square dan kubah St. Peters meski tak usai.

Michelangelo terus berkarya hingga meninggal pada 1564 di usia 88 tahun. Karyanya tak sebatas pada desain. Ia menunjukkan talenta luar biasanya pada gambar, patung, pahatan hingga puisi. 

Banyak diantaranya yang hilang tak terdeteksi. Selama hidupnya dan hingga ia meninggal pun, Eropa mengenalnya sebagai salah satu seniman luar biasa sepanjang masa. Namanya disandingkan dengan William Shakespeare dan Ludwig van Beethoven sebagai jenius seni dunia.

Selanjutnya: Ghana Rayakan Kemerdekaan

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement