Selasa 14 Mar 2017 08:28 WIB

Sejarah Hari Ini: Gorbachev Terpilih Jadi Presiden Uni Soviet

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Mikhail Gorbachev
Albert Einstein

Pada hari ini tahun 1879, Albert Einstein lahir. Ayahnya adalah seorang insinyur Yahudi di Ulm, Jerman. Jiwa saintis dalam diri Einstein mengalir dari darah ayahnya.

Perjalanan hidup membuatnya jadi salah satu ilmuwan paling jenius hingga saat ini. Teori-teorinya tentang hukum relativitas meningkatkan pandangan manusia soal alam semesta. Pekerjaannya di bidang teori energi dan partikel membantu pemahaman soal mekanika kuantum, termasuk soal bom atom.

Einstein menghabiskan masa kecilnya di Jerman dan Italia. Ia mempelajari fisika dan matematika di Federal Polytechnic Academy di Zurich, Swiss. Ia kemudian jadi warga Swiss dan 1905 mendapat gelar PhD dari Universitas Zurich.

Ia juga bekerja di kantor paten Swiss di Bern. Tahun tersebut, ia meluncurkan lima laporan teori yang membawa efek pada perkembangan fisika modern.

Yang pertama soal transformasi cahaya yang membuatnya memenangkan Nobel Fisika pada 1921. Laporan kedua soal metode baru menghitung dan menentukan ukuran atom juga molekul.

Laporan ketiga soal penjelasan matematika untuk gerakan konstan partikel di cairan yang dikenal sebagai gerakan Brownian. Dua laporan ini menyajikan bukti keberadaaan atom yang sebelumnya disengketakan sejumlah ilmuwan.

Teori lain yang mengguncang adalah teorinya soal relativitas. Ia menyebut waktu dan ruang tidak absolut melainkan relatif tergantung gerakan pengamat. Dalam teorinya, kecepatan cahaya adalah frame referensi.

Laporan kelimanya adalah soal eksplorasi matematika dan relativitas spesial. Einstein menyajikan hubungan massa dan energi dengan E=mc2.

Selanjutnya: Birmingham Six Dibebaskan

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement