Senin 20 Mar 2017 13:08 WIB

Sejarah Hari Ini: Rudal AS Hantam Baghdad, Penggulingan Saddam Dimulai

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Patungperunggu Saddam Husein saat dirobohkan
Foto: AP
Patungperunggu Saddam Husein saat dirobohkan

REPUBLIKA.CO.ID, Rudal Amerika menghantam Baghdad, Irak pada hari ini tahun 2003 silam. Serangan tersebut merupakan kampanye pimpinan AS untuk menjatuhkan Saddam Hussein.

Presiden George Bush mengumumkan secara langsung bahwa pengeboman Irak dimulai. Ia bersumpah untuk menghancurkan pemerintah Iran dan membebaskan rakyatnya.

Serangan itu berlangsung selama dua jam setelah tenggat waktu habis. AS meminta Saddam Hussein meninggalkan Irak atau pengeboman dilancarkan.

Sumber AS mengatakan lima anggota kunci rezim termasuk Saddam jadi target serangan pertama. "Kita akan membawa kebebasan untuk semuanya," kata Bush.

Perdana Menteri Inggris, Tony Blair mengatakan Inggris juga melakukan aksinya di Irak. Ia berkoalisi dengan AS untuk menurunkan Saddam.

Serangan ini dikecam internasional dan membuat sejumlah negara kebanjiran aksi protes. Resolusi PBB untuk menghentikan serangan ini dimentahkan oleh Dewan Keamanan.  Aksi anti-perang pun dilakukan di Yunani, Mesir, Australia dan Indonesia. Saddam ditangkap pada Desember 2003 dan divonis hukuman mati pada Desember 2006.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement