Jumat 07 Apr 2017 15:38 WIB

Dubes AS: Kunjungan Mike Pence Memperkuat Hubungan RI-AS

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan mengungkapkan, kunjungan Wakil Presiden AS ke Jakarta pada 20 -21 April mendatang mencerminkan komitmen AS untuk melanjutkan Kemitraan Strategis yang telah ada dengan Indonesia.

Keterlibatan Wapres AS dengan pemimpin Indonesia, kata ia, akan menjadi sarana memperkuat Kemitraan Stretegis melalui diskusi yang memiliki fokus untuk memperdalam hubungan ekonomi, meningkatkan kerja sama untuk prioritas keamanan regional bersama. 

"Selain itu penting juga untuk meningkatkan hubungan dan pertukaran antarmasyarakat," ujar Donovan melalui siaran persnya, Jumat (7/4). 

Selama kunjungannya, Wapres Pence akan bertemu dengan Presiden Jokowi, Wakil Presiden Kalla dan sejumlah menteri senior serta pejabat pemerintah Indonesia.  Wapres Pence juga akan bertemu dengan para pejabat senior ASEAN dan sejumlah diplomat. Dia akan berkesempatan mempelajari keragaman agama di Indonesia dan tradisi toleransi antaragama dari para pemuka agama di Indonesia.

Wapres Pence juga akan terlibat dengan komunitas bisnis Indonesia dan Amerika untuk mendengarkan permasalahan mereka dan untuk lebih memahami bagaimana dapat memperluas dan memperdalam hubungan ekonomi kedua negara.

Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia, kedua negara  merupakan mitra secara alami dan menganut nilai-nilai yang sama serta keingingan untuk menciptakan peluang ekonomi lebih baik.

Baca juga, Wapres AS Mike Pence Kunjungi Indonesia 20 April.

"Kami berharap bahwa kunjungan Wakil Presiden Pence akan lebih memperkuat tujuan bersama untuk menciptakan kemakmuran bagi kedua negara, dan memungkinkan kita untuk bekerja beriringan memastikan terciptanya kawasan Asia-Pasifik yang aman dan stabil," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement