Kamis 11 May 2017 20:19 WIB

Jurnalis Dipenjara karena Teriaki Pejabat AS

Rep: Sri Handayani/ Red: Bilal Ramadhan
Borgol. Ilustrasi.
Borgol. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, VIRGINIA BARAT – Polisi di Virginia Barat menangkap seorang jurnalis. Ia dituduh berusaha melewati agen rahasia dengan agresif dan bertanya sambil berteriak kepada Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan AS Tom Price.

Sang jurnalis, Daniel Ralph Heyman mengatakan, ia ditarik oleh petugas keamanan dan diborgol setelah mengikuti Price menyusuri Gedung DPRD negara bagian dan mengajukan beberapa pertanyaan.

“Saya tidak tahu kenapa, tapi mungkin mereka berpikir saya terlalu gigih bertanya dan mencoba melakukan pekerjaan saya, jadi mereka menangkap saya,” kata Heyman yang bekerja untuk Public News Service, sebuah situs berita nonprofit, dalam sebuah keterangan pers.

Peristiwa itu terjadi saat Price dan seorang pejabat Gedung Putih Kellyanne Conway mengunjungi Gedung DPRD di Charleston, Selasa. Mereka ingin memelajari upaya melawan kecanduan opium di negara bagian tersebut.

Heyman dilaporkan di Kanawha County, Virginia Barat. Ia disebut telah ‘mengajukan pertanyaan dengan berteriak’ kepada Price and Conway. Wartawan itu juga disebut melewati agen rahasia hingga titik terlarang beberapa kali.

Heyman mengatakan, ia berulang kali bertanya pada Price apakah kekerasan dalam rumah tangga  akan dianggap sebagai kondisi yang bisa masuk dalam UU Kesehatan yang disahkan pekan lalu oleh Dewan Perwakilan AS. Namun, pejabat tersebut tidak memberi tanggapan.

“Saya pikir, jika Anda bertanya pada orang biasa, mereka akan mengatakan wartawan harus mengajukan pertanyaan sulit dan mencoba mendapatkan jawaban,” kata Heyman.

Heyman dikenai pasal tentang perbuatan mengganggu dengan sengaja. Pejabat Militer dan Keamanan Umum Virginia Barat, Lawrence Messina mengatakan, ia tak bukan hanya bertanya tapi juga mendorong agen rahasia secara fisik.

Heyman menolak tuduhan tersebut. ia mengatakan telah memasang kartu pers dan baju seragam dengan logo perusahaan pers. Ia juga mengaku tidak mendapatkan peringatan apapun dari petugas keamanan bahwa ia melanggar hukum.

Ia akan dibebaskan dengan jaminan 5.000 dolar AS. tak ada persidangan untuknya hingga saat ini. Ia diancam dengan hukuman enam bulan penjara atau denda 100 dolar AS. Pengacara hak-hak kebebasan sipil dan jurnalis mengatakan, Heyman melakukan pekerjaan yang dilindungi undang-undang. Ia menuntut agar tuntutan kepada Heyman dihapuskan.

“Penangkapan Heyman adalah upaya untuk membungkam kebebasan dan independensi pers,” kata Persatuan Kebebasan Sipil Amerika di Virginia Barat dalam keterangan tertulis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement