Senin 15 May 2017 14:06 WIB

Sejarah Hari Ini: Pesawat Propulsi Jet Sekutu Pertama Kali Mengudara

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Pesawat Gloster-Whittle E 28/39.
Foto:
Badai Tornado di Amerika Serikat

Tornado yang sangat intens menyerang Sherman, Texas pada hari ini, 15 Mei 1896. Bencana alam ini menghilangkan  setidaknya 73 nyawa.

Tornado ini diperkirakan adalah Tornado F5 yang langka. Dengan kecepatan anginnya mencapai 260 mil per jam. Badai dengan kekuatan seperti itu terjadi rata-rata kurang dari setahun sekali.

Tornado itu dianggap sebagai tornado F5 karena kehancuran yang ditimbulkannya total dan menyeluruh. Sebagian besar rumah yang dihampirinya benar-benar hancur tak berbekas.

Bahkan jembatan Houston Street di Sherman hancur dan dibawa tornado. Tutup bagasi mobil yang terbawa tornado baru berhenti sekitar 35 mil dari lokasi semula.

Menurut fisikawan dari Universitas Chicago Tetsuya Theodore Fujita, rata-rata tornado memiliki lebar 150 kaki. Tornado itu berjalan satu mil dengan pergerakan 40 mil per jam di arah timur laut dan cenderung semakin lama semakin kuat.

Menurutnya hanya 30 persen tornado yang mencapai angin di atas 112 mil per jam. Tornado terkuat yang menyebabkan kerusakan di tanah dan struktur baja disebut F5 dengan skala yang ditetapkan Fujita. Biasanya hanya terjadi di Amerika Utara. Terekam selama abad ke-20 terdapat 94 kasus tornado F5.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement