Selasa 30 May 2017 16:47 WIB

Sejarah Hari Ini: Berakhirnya Perang Balkan Pertama

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Peta negara Balkan pada 1912.
Foto: Timetoast
Peta negara Balkan pada 1912.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini di 1913, sebuah perjanjian damai ditandatangani untuk mengakhiri Perang Balkan Pertama. Negara-negara Slavia yang baru diselaraskan seperti Serbia, Montenegro, Bulgaria, dan Yunani telah mendorong pasukan Turki  keluar dari Makedonia, wilayah Kekaisaran Ottoman yang terletak di hiruk-pikuk Balkan wilayah Eropa tenggara.

Perang ini merupakan bagian pertama di Semenanjung Balkan yang berusaha merebut Makedonia yang dikuasai Turki. Dalam waktu hanya sebulan, tentara Ottoman berhasil dikalahkan, dan pasukan Balkan mengusir orang-orang Turki dari hampir seluruh wilayah mereka di Eropa tenggarra. Kekuatan besar Eropa seperti Inggris, Prancis, Jerman, Austria, Hongaria dan Rusia bergegas menguasai wilayah tersebut setelah penarikan mundur Turki.

Sebuah kongres diadakan dengan perwakilan negara-negara yang berperang di London pada Desember 1912 menentukan batas pascaperang di Balkan. Selama beberapa bulan berikutnya, dengan 63 pertemuan, serta permusuhan baru di medan perang, kesepakatan tercapai. Makedonia kemudian dipecah antara pemenang Perang Balkan Pertama. 

Namun demikian, kesepakatan pada 30 Mei 1913 itu lemah karena Bulgaria merasa dicurangi dari bagiannya yang sah oleh Serbia dan Yunani. 

Baca: Sempat Merdeka, Republik Biafra Akhirnya Menyerah pada Nigeria

 

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement