Selasa 30 May 2017 22:37 WIB

Remaja Suriah Ditahan di Berlin

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Borgol. Ilustrasi.
Borgol. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN – Pihak berwenang Jerman menahan seorang warga Suriah berusia 17 tahun di Uckermark, timur Berlin, pada Selasa (30/5). Menurut beberapa pejabat setempat, dia dicurigai merencanakan serangan bunuh diri di Berlin.

Polisi di negara bagian Brandenburg mengatakan remaja tersebut ditahan di daerah Uckermark setelah mereka mengetahui dia telah mengirim pesan kepada anggota keluarganya untuk mengucapkan selamat tinggal. Dalam pesan tersebut juga disebutkan dia berpamitan untuk pergi berjihad.

“Adapun bukti perencanaan tindakan yang konkret belum diidentifikasi selama penyelidikan dari polisi,” kata polisi dalam sebuah pernyataan, dikutip The Telegraph, Selasa (30/5).

Kantor Kementerian Dalam Negeri negara bagian mengidentifikasi tersangka sebagai seorang warga Suriah. Remaja yang namanya tidak disebutkan itu datang ke Jerman pada 2015. Ia datang sebagai pengungsi kecil yang tidak didampingi dan terdaftar sebagai pencari suaka. Dia telah tinggal di sebuah rumah untuk penampungan pengungsi kecil di Uckermark sejak 2016.

Pejabat keamanan Jerman telah berulang kali memperingatkan negara tersebut berada dalam sasaran kelompok terorisme internasional. Pada Desember, seorang warga Tunisia menyerang sebuah pasar Natal di Berlin. Insiden tersebut menewaskan 12 orang dan melukai puluhan lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement