Rabu 07 Jun 2017 14:37 WIB

Sejarah Hari Ini: Israel Ledakkan Reaktor Nuklir Irak

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Reaktor nuklir, ilustrasi
Reaktor nuklir, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Pasukan Israel meluncurkan serangan udara untuk meledakkan reaktor nuklir milik Irak yang terletak di Ibu Kota Baghdad pada 7 Juni 1981. Israel saat itu meyakini bahwa reaktor itu sebenarnya dirancang untuk membuat senjata nuklir.

Reaktor yang dikenal dengan nama Osirak itu diledakkan oleh pasukan Israel menggunakan bom jenis F-16. Israel memiliki kekhawatiran bahwa Irak tengah merancang untuk melakukan serangan terhadap mereka dengan menggunakan senjata nuklir.

Serangan bom itu menjadi yang pertama dilakukan terhadap sebuah reaktor nuklir di dunia. Beruntung, reaktor yang merupakan buatan Prancis itu saat diledakkan belum dilengkapi dengan bahan bakar nuklir. Sehingga, tidak ada kebocoran yang membahayakan lingkungan setempat.

Reaktor milik Irak disebut akan memiliki tenaga uranium dengan kapasitas 70 megawatt. Rencananya, reaktor itu dapat mulai difungsikan pada awal Juli atau September di tahun yang sama serangan Israel dilakukan.

Irak membantah bahwa reaktor itu digunakan untuk memproduksi senjta nuklir. Benda itu hanya akan difungsikan sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh negara Timur Tengah tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement